Genset 5000 watt: Penerang dikala Gelap

By Yolanda Syahputra

genset Penerang dikala Gelap

Dalam era milenial ini sudah tidak zaman dengan istilah ‘ribet’ saat mati listrik karena aktivitas terhalang bahkan terhenti total karena hampir 95% kehidupan manusia bergantung pada energi tak terbarukan Genset paling umum digunakan adalah genset dengan tipe open dan berkekuatan 5000 watt. Genset 5000 watt ini adalah teman setia rumah tangga ketika mati listrik karena tidak memerlukan bahan bakar besar.

Warga jogja yang memerlukan mesin genset, mayoritas pilih membeli di PT Rajawali Indo Utama yang jual genset jogja dengan harga paling murah diantara penjual lainya.

Cara kerja

Generator ini menggunakan bahan bakar yang artinya tidak dibutuhkan aliran listrik untuk dapat menghidupkannya atau dalam bahasa fisika dapat bekerja melalui energi kinetic atau gerak yang memang di butuhkan usaha untuk menggerakannya dengan menggunakan bahan bakar minyak berupa bensin atau solar.

Energi kinetik dibutuhkan untuk memunculkan aliran yang bersumber dari bahan bakar tersebut agar menghasilkan muatan listrik dari alternator yang secara sederhana dapat diilustrasikan seperti halnya energi kinetic yang kita lakukan saat mengayun sepeda dan menyebabkan sepeda itu bergerak, hanya saja generator ini berjalan dengan bahan bakar melalui tarikan beberapa dari tenaga kita hingga menyala.

Jenis Bahan Bakar

Jenis bahan bakar genset memang sebagian besar bersumber dari bahan bakar minyak seperti bensin atau solar, namun tidak hanya itu saja. Semakin kemajuan teknologi, generator dengan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan dapat diperbarui mulai banyak. Berikut beberapa macamnya:

  1. Gas

Tidak salah apabila menggukan gas LPG dalam situasi terdesak seperti saat mati listrik, namun umumnya kaum ibu lebih menginginkan LPG tetap utuh untuk urusan memasak ditambah gas subsidi semakin jarang.

Namun, menggunakan gas api atau flare gas juga dapat menjadi pengganti atau memanfaatkan hasil limbah (bio gas) yang lebih ramah lingkungan dan murah meskipun harus memiliki banyak teknik pengolahan.

  1. Bensin atau solar

Genset macam ini memang yang paling umum digunakan namun paling tidak ramah lingkungan. Memang mudah menemukannya apalagi dengan harga pasaran yang cukup murah, namun gas yang dihasilkan tentu menyebabkan udara menjadi tidak sehat dan mencemari lingkungan sekitar.

  1. Urin

Mungkin salah satu jenis bahan bakar ini terdengar menjijihkan, namun nyatanya urin atau air kencing manusia merupakan zat cair yang multifungsi. Dibanding harus membuang cairan yang nyatanya dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar, tidak ada salahnya memanfaatkan urin sendiri yang apabila satu keluarga dapat bekerja sama untuk menampung sisa pembuangannya masing-masing.

Setelah urin dikumpulkan dapat direaksikan dengan senyawa khusus dan didiamkan untuk tenaga mesin generator yang akan menghemat pengeluaran.

Kegunaan

Generator dengan berbagai pilihan bahan bakar ini diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia dalam menghidupkan aliran listrik yang mati. Namun, kita memilki tanggung jawab untuk bersama melestarikan lingkungan dan menghemat daya untuk itu mengganti bahan bakar generator dengan energi terbarukan merupakan cara untuk menyelamatkan bumi.…

Source:: htmlxprs.com